Masa Tenang, Panwas Copot APK Hingga Patroli Pengawasan

Petugas Panwas, Satpol PP mencopot APK dibeberapa titik jalan di Kota Batu, Minggu (24/6/3018). (Foto: Panwas for BatuTIMES)
Petugas Panwas, Satpol PP mencopot APK dibeberapa titik jalan di Kota Batu, Minggu (24/6/3018). (Foto: Panwas for BatuTIMES)

BATUTIMES - Memasuki masa tenang kampanye Pemilihan Gubernur (Pilgub)Jatim 2018 pada 24-26 Juni mendatang Panitia Pengawasan Pemilu Kota Batu (Panwaslu) bergerak mencopoti Alat Peraga Kampanye (APK). Hingga melakukan patroli pengawasan.

Pencopotan APK itu mulai dilakukan sejak 23 Juni pukul 22.00 dimulai dari jalan Sultan Agung dan beberapa titik lainnya. Jenis APK yang dicopot yakni Baliho, umbul-umbul, spanduk, dan poster. 

“Kami mencopot APK ini yang telah dikeluarkan oleh KPU,” kata Ketua Panwaslu Kota Batu Abdur Rochman, Minggu (24/6/2018).

Yang melakukan pencopotan APK ini berjumlah 50 orang. Selain Panwas ada Petugas Pengawas Lapangan (PPL), Pengawas Tempas Pemungutan Suara (PTPS), Linmas, Komisi Pemilihan Umum ( Kota Batu, Satpol PP dan tim kampanye, 

“Selain itu, di masing-masing desa, Linmas juga bergerak telah melakukan pencopotan APK,” imbuhnya.

Ia menjelaskan kegiatan ini dilakukan sesuai dengan  Pasal 31 PKPU 4/2017,  KPU dalam rangka membersihkan APK menjelang masa tenang, berkoordinasi dengan Panwas dan pemerintah daerah (dalam hal ini satpol PP).

“Penertiban APK sudah dimulai sejak pukul 22.00 WIB 23 Juni. Dimulai dari Jalan Sultan Agung Kota Batu. Hari ini (Minggu) sampai dengan 26 Juni 2018 mendatang, KPU, Panwas dan Satpol PP terus melakukan pembersihan APK dan BK yang ada,” jelas Rochman. 

Tidak hanya melakukan pencopotan APK, jajaran pengawas akan melaksanakan patroli pengawasan. Pengawasan itu dilakukan dalam bentuk pencegahan, sekaligus juga akan dilakukan penindakan langsung terhadap dugaan pelanggaran pemilihan 2018.

“Oleh karena itu, mohon kepada sahabat-sahabat untuk bekerja sama dan terus menginformasikan kepada jajaran pengawas pemilihan jika terdapat indikasi pelanggaran,” tutupnya.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : A Yahya
Publisher : debyawan erlansyah
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->