Meriahnya Palestina Sambut Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia dengan Lomba 17-an, Tonton Videonya

Rakyat Palestina bersuka cita sambut HUT Ke-72 Kemerdekaan  RI pada tahun lalu. Tahun ini digelar kegiatan peringatan HUT Ke-73 Kemerdekaan RI yang dihadiri ribuan warga di Gaza. (foto Aksi Cepat Tanggap)
Rakyat Palestina bersuka cita sambut HUT Ke-72 Kemerdekaan RI pada tahun lalu. Tahun ini digelar kegiatan peringatan HUT Ke-73 Kemerdekaan RI yang dihadiri ribuan warga di Gaza. (foto Aksi Cepat Tanggap)

BATUTIMES.- Ada pemandangan berbeda di Gaza, Palestina. Terlepas dari konflik berkepanjangan dengan Israel, warga Gaza bersukacita mengikuti  berbagai lomba.

Menariknya, lomba yang mereka gelar adalah lomba tujuh belasan. Mulai panjat pinang, tarik tambang, dan balap karung. Apakah warga Palestina merayakan kegembiraan atas kemenangan timnas sepak bola mereka atas Indonesia di arena Asian Games 2018 tadi malam? Tidak. Palestina ternyata turut merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh 17 Agustus nanti.

Kemeriahan lomba yang digelar warga Gaza terekam di Suara Palestina News Agency. Keseruan lomba juga menjadi topik berita di stasiun televisi CNN Indonesia. Acara peringatan HUT RI di Gaza diselenggarakan oleh Yayasan Nusantara Palestina Center (NPC) yang didirikan Abdillah Onim.

Onim mengatakan kegiatan serupa bukanlah kali pertama diadakan. Tahun 2017 lalu, ratusan warga Gaza juga memperingati HUT Ke-72 Kemerdekaan RI. "Tahun kemarin ada 700 orang yang datang. Tahun ini diprediksi 3 ribuan," sebut Onim sebagaimana dikutip dari CNN Indonesia.

Mengapa Palestina turut merayakan kemerdekaan Indonesia? Itu karena Indonesia turut berperan besar mengusahakan kemerdekaan Palestina.

Maret 2016, Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) yang mengangkat tema utama dukungan dunia untuk perdamaian Palestina. Konferensi besar negara-negara Islam dunia itu menghasilkan Deklarasi Jakarta, yakni mendukung secara penuh kemerdekaan Palestina dari kejahatan perang zionis Israel. (*)

Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->